Senin, 22 Februari 2016

Misteri Hilangnya Capung



Capung adalah salah satu serangga yang istimewa. Kenapa gue tertarik buat nulis tentang capung? Karna capung punya nama dalam bahasa inggris yang keren banget. Ya, Dragonfly! Kalo menurut bahasa Indonesia, dragon artinya naga, dan fly artinya terbang. Jadi kalo digabungin namanya jadi NAGA TERBANG! Keren engga tuh. Entah kenapa dinamain dragonfly, padahal bentuknya engga kaya naga banget. Naga yang biasa digambarkan besar, kuat dan perkasa. Sedangkan capung sendiri bentuknya kecil dan terlihat lemah. Nyambung engga? Ya nyambung aja kalo disambung-sambungin. Tapi tetep aja menurut gue capung itu keren! Selain itu, capung juga punya kemampuan yang sangat unik. Menurut sumber yang pernah gue baca, seekor capung dapat mendeteksi kandungan air bersih yang ada di lingkungan sekitar kita.

Tapi sekarang kalo gue amati, di lingkungan gue udah jarang banget nemu capung yang berterbangan ke sana kemari dengan anggunnya. Apakah itu semua disebabkan karena air di lingkungan kita yang tercemar dan engga sehat sehingga capung engga mau terbang di atasnya? Hanya tuhan dan capung yang tau. Mungkin juga karena sekarang sumber air dan sawah yang biasa dijadikan tempat bermain oleh capung sudah tercemar.

Gue punya kenangan tersendiri sama yang namanya capung. Dahulu kala waktu gue masih kecil, capung dipercaya oleh orang tua kalo capung punya kemampuan untuk membuat seorang bocah berhenti ngompol. Dengan cara membiarkan capung tersebut menggigit udel atau puser kita. Dan gue pernah mengalami kejadian pahit itu. Gue masih inget banget kejadiannya, tepatnya waktu gue berumur 8 bulan. Iya, orang tua gue ngelakuin itu dengan keyakinan supaya gue berhenti ngompol, dan engga usah repot-repot gantiin popok gue lagi.

Capung juga menginspirasi tokoh jenius yang ada di dunia ini dengan kemampuan terbang dan manuvernya. Seorang yang terinspirasi dari cara terbang capung adalah Igor Sikorsky, penemu helikopter. Jadi sudah tidak diragukan lagi kalo capung adalah serangga yang bermanfaat untuk kehidupan.

Fakta Menarik Tentang Capung



1. Capung adalah pilot yang sangat baik
Capung punya kemampuan terbang yang sangat lihai dan ahli. Ia juga bisa terbang dengan kecepatan 50/jam.

2. Capung adalah salah satu serangga purba
Capung adalah salah satu serangga tertua yang ada di dunia. Capung udah ada sejak jutaan tahun silam. Sekitar 300 tahun yang lalu.

3. Capung mempunyai mata yang unik
Yang terdiri dari 30.000 unit ommatidia, serta lensa dan sel yang sensitive terhadap cahaya. Capung juga punya kemampuan untuk melihat dengan sudut 360 derajat yang membuat capung bisa melihat sekelilingnya dengan sangat baik.

4. Capung menyukai air yang sehat
Dewasa ini capung sedikit sekali terlihat dilingkungan kita, itu semua disebabkan oleh air di lingkungan kita yang tidak baik dan sedikit tercemar.

Itulah beberapa fakta menarik seputar capung. Keren banget ya capung. Kaya gue. Dan yang bikin sedih, capung di Indonesia beberapa tahun lagi bisa dianggap hewan langka dan terancam punah. Menurut Dragonflies Association (WDA) atau komunitas capung international yang berpusat di inggris, capung di Indonesia jumlahnya semakin sedikit. Dan hanya tersisa beberapa spesies jenis capung. Sungguh kabar yang menyedihkan.

Di akhir postingan ini gue pengen mengajak, marilah kita bersama-sama menyelamatkan capung yang terancam punah ini dengan cara menangkap salah satu capung dan memeliharanya dengan baik, memberi makan 3 kali sehari dan memberinya vitamin untuk merangsang pertumbuhannya. Dan jangan lupa juga mari kita galakkan hestek #SaveCapung di Sosial Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar